GALERI FOTO

Juli 22, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

Heboh, Limbah Medis Berserakan Di Tempat Sampah Puskesmas Panipahan 

mentengnews.comROHIL – Limbah medis menjadi tantangan tersendiri bagi para penyedia layanan kesehatan. Sebab membutuhkan penyimpanan ataupun pengelolaan yang khusus sebab limbah medis memiliki bahaya utama yaitu risiko infeksi dari mikroorganisme yang terdapat di limbah tersebut, infeksi terjadi dikarenakan terkena tusukan benda tajam.

Hepatitis B, hepatitis C bahkan sampai HIV/AIDS merupakan ancaman yang paling serius jika terkena tusukan benda tajam karena menimbulkan kecelakaan dan penyakit jika tidak diolah dengan baik dan benar.

Dari serangkaian bahaya diatas nampaknya hanya isapan jempol belaka bagi Puskesmas Panipahan Rokan Hilir. Pasalnya limbah medis berserakan begitu saja ditempat pembuangan sampah.

Terkait hal tersebut, Kepala Puskesmas (kapus) Panipahan Nurhayati saat dikonfirmasi langsung di ruangannya mengatakan bahwa limbah yang berserakan ditempat sampah tersebut merupakan perbuatan dari pasien dan juga kelalaian dari pihaknya, Selasa (2/1/2024)

” Itu pasien yang buang dan kelalaian dari cs kami dan sebenarnya kami sudah ada MoU dengan perusahaan yang bersertifikat di Bagan Batu untuk menampung limbah medis kami sebab terakhir kami kirim menggunakan ambulans pertengahan tahun 2023 yang lalu,” tandasnya

About The Author