GALERI FOTO

Juli 23, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

Lapas Pekanbaru Laksanakan Giat Rutin Tes Urine Untuk Memastikan WBP Bersih Dari Narkoba

Mentengnews.comPekanbaru – Tim dokter Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru kembali menggelar test urin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Bertempat di Aula Sahardjo Lapas Pekanbaru, sebanyak 15 (lima belas) orang WBP ikut serta dalam pelaksanaan test urine ini, Kamis (01/02/2024).

Kegiatan tes urin ini dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk memastikan warga binaan tidak mengkonsumsi narkoba. Sebelum kegiatan tes urin dilaksanakan, Kepala Pengamanan Lapas Kelas II A Pekanbaru, Aris Yulianta, memberikan pengarahan singkat kepada WBP yang akan dites urin agar bersikap kooperatif.

“Saya harap kalian semua bersikap kooperatif dalam pelaksanaan tes urin ini. Saya juga berharap banyak dari kalian karena kalian telah mengikuti program rehabilitasi sehingga harus menjadi contoh bagi WBP yang lain,” ucapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari salah seorang Dokter Klinik Pratama Lapas Pekanbaru, Sri Handayani yang akrab disapa Yani. Yani menanyakan apakah WBP tersebut mengkonsumsi obat obatan tertentu karena alasan sakit dan sebagainya sehingga dapat diketahui kandungan yang terdapat di dalam obat tersebut.

“Hari ini kita tim medis Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang didampingi oleh Ka KPLP dan staf dari Kesatuan pengamanan menggelar kembali test urine. Hal ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan untuk memastikan mereka tidak menggunakan narkoba sekaligus menjadi indikator keberhasilan dari program Rehabilitasi medis ini,” ungkap dr.Yani.

Dari hasil test urine ini diketahui bahwa seluruh WBP yang mengikuti tes urin berstatus negatif/ tidak terbukti mengkonsumsi narkoba. Meskipun demikian kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala dan dilaporkan kepada Kanwil Kemenkumham Riau sebagai unit monitoring dan evaluasi.

 

About The Author