GALERI FOTO

Juli 21, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

FPK Kota Pekanbaru Adakan Kunjungan Kerja ke Kesbangpol Kota Padang

mentengnews.com – Padang – Sebanyak 25 orang, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Pekanbaru mengadakan kunjungan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang, Rombongan dipimpin oleh ketua FPK Kota Pekanbaru H. Suraji Ali, SH, Kamis (28/12/2023)

Selain Ketua FPK Kota Pekanbaru, juga diikuti oleh perwakilan suku yang tergabung di FPK Kota Pekanbaru, salah satunya adalah perwakilan dari KKSS Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Yusrianto, SE.,MM seta perwakilan Suku dan etnis yang ada di Kota Pekanbaru.

Disela-sela Kunjungan nya, Ketua FPK Kota Pekanbaru H. Suraji Ali, SH., kepada media ini mengatakan bahwa,” tujuan dilakukannya kunjungan ke Provinsi Sumatera Barat (Padang) adalah untuk saling tukar informasi kegiatan Kota Padang dan kota Pekanbaru, menciptakan hubungan yang harmonis antara FPK Kota Padang dan FPK Kota Pekanbaru karena masyarakat kota Padang banyak yang berdomisili di Pekanbaru sehingga terciptanya komunikasi yang saling menguntungkan,”

Lanjut nya,” saling memberikan informasi tentang pelaksanaan dan operasional dan kegiatan yang diangg posisi melalui APBD daerah masing-masing

Alhamdulillah, Rombongan FPK Kota Pekanbaru diterima oleh ketua FPK Kota Padang H. Suwardi Datuk Garang dan pejabat Kesbangpol Kota Padang yang bertempat di kantor Kesbangpol kota Padang, selain itu juga saling menyerahkan cindera dari ketua FPK Kota Pekanbaru dengan ketua FPK Kota Pekanbaru
ungkap H. Suraji Ali

Lebih lanjut Ketua FPK Kota Pekanbaru menerangkan bahwa,” kunjungan kerja FPK Kota Pekanbaru ke FPK dan Kesbangpol Kota Padang merupakan kesempatan bagus untuk mempererat hubungan antara kedua daerah dan meningkatkan kerja sama dalam hal kebijakan multiculturalism,”

” Tim FPK Kota Pekanbaru berangkat dengan semangat tinggi dan misi untuk mempelajari kondisi dan pengalaman lokal dalam pembangunan dan penyebaran keberagaman budaya,”

” Setelah tiba di Kota Padang, tim FPK Kota Pekanbaru disambut oleh pihak FPK serta Kesbangpol Kota Padang dan langsung mengadakan rapat singkat untuk membahas agenda dan rencana kegiatan selama kunjungan kerja,” pungkas H. Suraji Ali.

Setelah itu, tim FPK Kota Pekanbaru diajak untuk meninjau langsung beberapa lokasi di Kota Padang yang menunjukkan keberagaman budaya dan toleransi masyarakat.

Ditambahkannya,” Salah satu pengalaman yang paling menarik adalah kunjungan ke pusat kerajinan tangan yang dikelola oleh masyarakat lokal yang terkenal dengan kegiatan produksi “Kain Songket”.

” Tim FPK Kota Pekanbaru terkesan dengan keragaman warna dan motif kain Songket, serta teknologi tradisional yang diwarisi dari generasi ke generasi. Selain itu, mereka juga belajar bahwa industri Songket lebih dari sekadar produksi kain tradisional, tetapi juga menciptakan iklim persahabatan antar masyarakat yang berbeda agama dan budaya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Tim FPK Kota Pekanbaru dan pihak FPK dan Kesbangpol Kota Padang mengadakan acara ramah tamah. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat adat, pemuda, LSM, pemerintah setempat, dan instansi lainnya. Selama acara ini, tim FPK Kota Pekanbaru mendapat kesempatan untuk berdiskusi mengenai pengalaman mereka dalam membangun komunitas yang inklusif, serta berbagi ide dan saran dalam memperkuat hubungan antara kedua kota.

Selama kunjungan kerja, tim FPK Kota Pekanbaru juga belajar tentang berbagai program pemerintah Kota Padang untuk mendorong toleransi dan pluralisme. Salah satu program yang menarik adalah program inklusi dan keberagaman yang difokuskan pada pelatihan keterampilan dan pemberdayaan masyarakat lokal yang mewakili beragam kepercayaan dan budaya.

Kunjungan kerja ini membuktikan bahwa pengalaman, kisah sukses, dan kebijakan yang dilakukan di dalam suatu daerah dapat diadopsi di daerah lain, asalkan dengan pendekatan yang tepat sesuai dengan kondisi lokal masing-masing.

” Tim FPK Kota Pekanbaru dapat mengambil hikmah dari pengalaman Kota Padang dalam membangun komunitas yang inklusif dan beragam, serta membawa kembali kisah keberhasilan itu ke daerah asal mereka,” kata H. Suraji

Dalam rangka meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan antar kota serta memperkuat protokoler ke-associated-an ke-masyarakat yang lebih inklusif dan toleran,

” kunjungan kerja FPK Kota Pekanbaru ke FPK dan Kesbangpol Kota Padang sangat relevan dan perlu dilakukan dalam hal kebijakan multiculturalism dan interfaith relations. Diharapkan kerjasama yang baik dan sinergis dapat terus terjalin untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama,” tutup Ketua FPK Kota Pekanbaru.

(DaengJohan)

About The Author