GALERI FOTO

Juli 22, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

Warga Perantau Pesisir Selatan Perawang Perduli Korban Bencana Banjir Sumatera Barat

Mentengnews.comPerawangSiak – Dalam rangka mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama, warga perawang kecamatan tualang perantau dari pesisir selatan sumatera Barat hari ini turun ke jalan,mereka bersama sama mengumpulkan donasi melalui sumbangan dari warga yang melintas tepatnya didepan kantor camat tualang kab siak, aksi yang dilakukan ini banyak mendapatkan simpatik dari masyarakat dengn memberikan sejumlah uang dengan sukarela kedalam kotak .

Koordinator pemuda pesisir selatan Agus ,menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena banjir, dengan memberikan sedikit sumbangan berupa uang dan sembako hari ini kami bersama pemuda, ibuk ibuk mengumpulkan sumbangan dari masyarakat yang melintasi jalan km9 tepatnya didepan kantor camat, karena kita ketahui hari minggu daerah ini cukup ramai.

Lebih dari 8.000 warga Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, terdampak banjir yang terjadi sejak Kamis lalu (7/3), pukul 16.00 WIB. Genangan masih berlangsung hingga Jumat malam (8/3).

Pusat Pengendalian Operasi BNPB mencatat 8.118 warga masih terdampak banjir, sedangkan mereka yang mengungsi berjumlah 2.947 warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang terus melakukan pendataan populasi yang mengalami dampak bencana hingga malam tadi (8/3), pukul 23.00 WIB. Sebanyak delapan kecamatan terendam dengan ketinggian muka air bervariasi hingga 1,5 meter.

Kedelapan kecamatan yang dilanda banjir yaitu Kecamatan Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Pauh, Koto Tangah, Padang Utara, Kuranji, Naggalo dan Padang Selatan.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. Sedangkan kerugian, BPBD mencatat 110 unit rumah warga dan 1 RSUP dr. M. Djamil Padang. Pihak BPB masih melakukan penilaian kerusakan pada rumah warga. Sedangkan 2 rumah dinyatakan hanyut akibat banjir.

Juga diketahui daerah lainnya Sumatera Barat, juga mengalami bencana alam yang sama terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. 10 orang dilaporkan tewas akibat bencana tersebut.

Hingga pagi ini, banjir masih menggenangi hampir di seluruh kecamatan, meskipun ketinggian air tercatat relatif sudah mulai menurun. Adapun wilayah terdampak berada di Kecamatan XI Koto Terusan, Kecamatan IV Jurai, Kecamatan Batang Kapas, Kecamatan Bayang, Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kecamatan Lunang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kecamatan Pancung Soal, Kecamatan Air Pura, Kecamatan Silaut. Wilayah terdampak terparah berada di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Semoga kami dari warga perantau dari pesisir yang tinggal di perawang bisa ikut membantu memberikan sumbangan untuk kampung tercinta Sumatera Barat yang saat ini tertimpa bencana banjir bandang, tutup nya.

About The Author