GALERI FOTO

Juli 23, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

DPP LHMB, Tameng Adat LAM Riau, Bawaslu dan Berbagi Ormas Yang Ada Di Riau “Deklarasi Pemilu Damai”

Mentengnews.comPekanbaru – Dalam upaya memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan dengan damai dan lancar, Tameng  Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) melaksanakan Seminar dengan tema Pemilu Damai dan Kesatuan Bangsa serta Deklarasi Pemilu Aman dan Damai. Kegiatan dilaksanakan di hotel Grand Central, Jl sudirman Kota Pekanbaru, Kamis (25/1/2024).

Dari pantauan Media ini, Acara dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Datuk H.R. Marjohan Yusuf, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Nanang Wartono, SH.,MH, Panglima Perdana Tameng Adat LAM Riau Dt. T Hariyanto, Panglima Madya Tameng Adat LAM Riau Dt. Syarifuddin Anju, Dt. Muhammad Khalid.

Selain itu, hadir juga Panglima Penggawa Melayu Dt. Anjo, Ketum. Pemuda Melayu Nusantara (PMN) Dt. Raja Iqbal, Pangbes DPP LHMB Dt. Juprian SE, dan sejumlah Ormas yang ada di Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Ketua Umum MKA LAM Riau Dt. Marjohan mengatakan bahwa terima kasih atas kehadiran dari berbagai Ormas yang ada di Provinsi Riau dalam acara ini, acara ini dilaksanakan untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif jelang Pemilu 2024 serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sukseskan pesta Demokrasi agar berjalan dengan damai.

Selanjutnya, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Nanang Wartono, SH.,MH menerangkan bahwa dalam menyambut pesta demokrasi pemilu 2024, bawaslu tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dalam melaksanakan pemilu damai pada 14 Februari 2024 mendatang.

” Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu selain melakukan tugas-tugas pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat,” ujarnya

Disela-sela acara, Panglima Besar DPP Laskar Hulubalang Melayu Bersatu (LHMB) Datuk Seri Juprian SE juga mengajak seluruh Masyarakat Provinsi Riau untuk turut ambil bagian dalam mensukseskan pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Kita boleh berbeda pilihan sesuai hati nurani masing-masing, tetapi Kesatuan dan Persatuan Bangsa itu diatas dari segala-galanya,”

” Kita tunjukkan bahwa kita adalah Bangsa yang sudah dewasa dalam berpolitik, sistem yang sudah elektoral yang sangat luar biasa, maka dari itu ciptakanlah suasana aman dan damai dalam Pemilu 2024, dan selain peran TNI-Polri juga peran Masyarakat sangat penting untuk menjaga situasi yang kondusif,” pungkas Pangbes DPP LHMB Dt. Juprian

Terakhir, Seluruh Organisasi Yang hadir (Para tamu undangan) membacakan Kesepakatan Deklarasi Pemilu Damai 2024, yang isinya yaitu :

Kami segenap pengurus Organisasi Masyarakat di Provinsi Riau, Bersepakat mewakafkan diri untuk :

1. Mendukung terselenggaranya Pemilu dengan aman dan damai, demi terwujudnya Demokrasi yang bermarwah juga berintegritas.

2. Menjunjung tinggi Nilai-nilai dan sikap Netralitas, baik Organisasi Masyarakat, Aparatur Negara, serta penyelenggara Pemilu.

3. Mendorong terwujudnya kondusifitas Pemilu dari Intervensi Pihak Manapun, yang dapat mencederai Esensi Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia.

4. Menolak Informasi Provokatif, hasutan, berita bohong dan isu- Isu sara, yang dapat menimbulkan perpecahan dalam kelangsungan Pemilu Tahun 2024

5. Berperan Aktif dalam menciptakan situasi dan Kondisi damai di Wilayah Provinsi Riau.

Editor : DaengJohan

 

About The Author