GALERI FOTO

Juli 26, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

PPK Kecamatan Tuah Madani Lakukan Rapat Pleno Perhitungan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024, Berikut Hasilnya

Mentengnews.comPekanbaru – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tuah Madani melaksanakan rekapitulasi perhitungan hasil pemungutan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Tuah Madani di BLK Dinas Kehutanan Provinsi Riau jalan HR. Soebrantas, Panam, Senin (19/2/2024).

Dalam sesi wawancara, Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Yeli Nofiza berharap dengan rekapitulasi yang dilakukan oleh teman-teman PPK tingkat Kecamatan Tuah Madani hari ini berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun.

“Kalaupun ada keberatan saksi, untuk bisa mengisi form keberatan saksi, sehingga tidak menghabat teman-teman PPK dalam melaksanakan rekapitulasi, karena belajar dari pengalaman sebelumnya, di Kecamatan Tuah Madani sangat lama dalam rekapitulasinya, karena TPS nya terbanyak di Kota Pekanbaru”, ujar Yeli.

“Dan kita menghimbau kepada teman-teman, PPS, PPK dan juga KPU, kami sebagai penyelenggara untuk tetap jaga integritas, yang jelas rekapitulasi yang manual itulah yang menjadi acuan kita, walaupun adanya gonjang ganjing yang kita dengar diluaran sana”, beber Yuli.

“Yang jelas rekapitulasi yang ditanda tangan basah oleh teman-teman PPK, itulah yang diajukan ke KPU Kota, dan rekapitulasi yang ditanda tangan basah oleh KPU Kota, itu nanti yang diajukan ke KPU Provinsi dan begitulah seterusnya, dan itulah hasil riilnya”, tambahnya.

“Dan untuk teman-teman saksi, ayok sukseskan rekapitulasi ini. Dan kalau ada keberatan saksi yang tidak sesuai dengan yang dipegang, teman-teman PPK akan membuka plano besar, karena plano tersebut memang akan dibuka per TPS saat perhitungan suara bersama-sama masyarakat kemarin, dan itu menjadi acuan kita”, tutup Yuli.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kecamatan Tuah Madani, Andy Wijaya mengatakan bahwa untuk rekapitulasi yang kita lakukan ini, kita mulai dari Kelurahan Air Putih dengan membuka per TPS, dimana disitu kita buka mulai dari Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan juga DPRD Kabupaten/Kota, dan kalau ada yang tersangkut dengan sistem Sirekap, disitu kita selesaikan langsung, ujarnya

“Dan untuk rekapitulasi di Kecamatan Tuah Madani ini, kita melihat kekuatan ataupun kesiapan teman dalam menyelesaikan perhitungan per Kelurahan, karena, kalau dibandingkan TPS nya satu Kelurahan saja, mungkin 2 atau 3 Kecamatan. Contohnya Kelurahan Sidomulyo Barat, yang mana TPS terbanyak, yaitu sekitar 109 TPS”, tambah Andy.

“Jadi kita berharap kepada saksi, karena ada hal-hal teknis yang tidak bisa kita langgar dan juga ada hal-hal bisa kita sepakati untuk mempercepat proses ini, jadi kita minta saksi bisa memahaminya”, pinta Andy.

Pada kesempatan yang sama juga, Camat Tuah Madani, Nurhasminsyah berharap penyelenggaraan rekapitulasi ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Dan untuk saksi dapat mengikuti petunjuk dan arahan dari PPK Kecamatan”, ujar Camat.

Dan juga kita menghimbau kepada penyelenggara untuk bekerja dengan profesional, amanah dan laksanakan sesuai aruran yang berlaku.

“Serta untuk saksi sebagai penterjemahan dari saksi-saksi yang telah dilaksanakan di TPS, silahkan bawa C 1 nya untuk bersama-sama dicek, semoga tidak ada komplain dan sebagainya”, tutup Camat.

Selama penyelenggaran rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kecamatan ini dijaga ketat oleh pihak keamanan Polresta Pekanbaru, dalam hal ini Polsek Tampan dan juga Koramil 06/Sukajadi. (Hendra)

About The Author