GALERI FOTO

Juli 22, 2024

MENTENG NEWS

REPRESENT EVENTS COMPLETELY, POORLY, AND TRUSTED

Staf Ahli Gubernur Riau Dr. H. Kamsol., MM, Hadiri Acara Balimau Kasai ‘Mengarak Air Limau’ Di Tapung Hilir

Ribuan masyarakat turun ke Sungai Tapung, Kampar mengikuti tradisi mandi balimau kasai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah,

Mentengnews.comTapung HilirKampar – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, seluruh daerah mengadakan acara Balimau Kasai, salah satu nya warga yang ada di Kabupaten Kampar Kecamatan Tapung Hilir yang setiap Tahun nya jelang Ramadhan melaksanakan acara mengarak air limau dari mesjid Al- Ikhlas sampai ke sungai Tapung. Senin (11/3/2024)

Ribuan masyarakat turun ke Sungai Tapung, Kampar mengikuti tradisi mandi balimau kasai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah,

Salah satu lokasi mandi balimau kasai yang selalu ramai dihadiri masyarakat setiap tahun adalah di Kecamatan Tapung Hilir tepatnya di Sungai Tapung.

Dari pantauan Media ini, acara dihadiri oleh Staf ahli Gubernur Riau Dr. H. Kamsol., MM, Beserta Rombongan, PJ. Bupati Kampar Mhd. Firdaus. SE,MM., Sekda Kampar H. Yusri. Msi, Beserta Rombongan, Kapolsek Tapung Hilir AKP. Jurfredi. SH, Danramil Tapung, Dan Seluruh Kepala Desa Se- Kecamatan Tapung Hilir 16 Desa, Tokoh Masyarakat Sugianto, Masyarakat Tapung Hilir, Tokoh Adat, Tim bebano Desa Kota Garo, Serta para tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dari kediaman salah seorang Tokoh Masyarakat Masyarakat Tapung Hilir Sugianto selanjutnya para tamu undangan yang hadir melaksanan acara Balimau Kasai.

Disela-sela acara Staf ahli Gubernur Riau H. Kamsol beserta rombongan menyempatkan diri menjenguk warga yang sedang sakit dan mengunjungi fakir miskin serta ke rumah ibunda suku piliang di Desa Sekijang .

Menjelang magrib H. Kamsol dan tamu undangan melaksanakan Sholat magrib berjamaah di Masjid Raya Tapung Hilir, dan dilanjutkan dengan Sholat Isya serta Taraweh di Mushola Khaerul Ummah Pasar Kota Garo dan diakhiri dengan makan malam bersama sembari saling memaafkan antar sesama undangan yang hadir.

” Alhamdulillah, pada hari ini kita dapat melaksanakan tradisi Balimau Kasai dengan aman dan lancar, acara ini memang rutin dilakukan oleh masyarakat di daerah kabupaten Kampar khususnya di Tapung Hilir menjelang Bulan Suci Ramadhan,” ungkap H. Kamsol.

Lebih lanjut H. Kamsol menambahkan bahwa agar masyarakat terus membudayakan dan meningkatkan tradisi balimau kasai ini. “Ini adalah tradisi untuk mensucikan diri menjelang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan,”

“ Kepada masyarakat yang mengunjungi acara tradisi Balimau agar dapat mengambil hikmah dari acara ini, salah satu nya adalah saling maaf- memaafkan antar sesama,” tandasnya.

(DaengJohan)

 

About The Author